[OPINI] Berita Bohong Resahkan Masyarakat



Akhir akhir ini masyarakat diresahkan atas banyaknya berita bohong atau yang akrab dikenal dengan hoax.  Sebuah pemberitaan bohong atau palsu merupakan usaha untuk menipu pembaca / audiensnya untuk mempercayai suatu kejadian bohong. Kasus pemberitaan bohong yang paling umum adalah suatu pemberitaan kejadian buruk yang sebenarnya tidak terjadi. Menyebarnya hoax seperti ini dapat terjadi dengan mudah karena pembaca / audiens tidak dapat lagi membedakan berita yang benar sesuai fakta dan berita yang meragukan sehingga pada akhirnya para pembaca / audiens tersebut ikut menyebarkan. Yang diuntungkan dalam kejadian ini adalah sang pembuat berita bohong tersebut karena berita buatannya dapat menyebar dengan cepat ke masyarakat.
Dilain pihak, masyarakat yang tidak mengetahui kebenaran akan berita ini merasa resah dak tidak aman. Penyebar berita tersebut yang tak lain adalah masyarakat sendiri merasa kesulitan saat ingin mengkonfirmasi kebenaran isi berita. Ini dikarenakan penyebaran berita yang sangat cepat dan unsur anonymus sang pencipta berita bohong.
Biasanya berita bohong memiliki ciri – ciri menggunakan kata / bahasa yang emosional seperti “Awas”, “Bahaya”, “Darurat”, dll. Selain itu berita hoax ini biasanya tidak mencantumkan sumber dimana berita berawal. Foto yang digunakan untuk memperkuat bukti berita hoax ini pun biasanya hanyalah foto dari kejadian berbeda namun terlihat terkait dengan isi berita yang bersangkutan.

Dengan berbagai berita yang beredar sudah sepatutnya kita sebagai audiens dapat memilih berita dengan bijak. Selain itu jangan mudah percaya dengan berita yang beredar, karena hal tersebut dapat menutupi sikap kita untuk menulusuri kebenaran berita. Bersikap arif lah untuk menyikapi segala berita. (nsh)

Komentar

Postingan Populer